Eksistensi Toleransi

Toleransi merupakan tindakan humanisasi yang eksistensinya begitu berarti. Toleransi sendiri berasal dari bahasa latin Tolerare yang berarti sabar dan menahan diri, sedangkan dalam istilah bahasa arab disebut Tasamuh yang artinya kemurahan hati, saling mengizinkan, saling memudahkan.  Adanya perbedaan dalam kehidupan, baik agama, suku, bahasa maupun budaya perlu diselaraskan. Bukan berarti untuk mengikuti kepercayaan maupun adat istiadat mereka, melainkan menganggap bahwa mereka itu ada dan hidup berdampingan bersama kita. Konflik sering kali hadir karena adanya keberagaman sehingga menyebabkan adanya intoleransi, seperti saling mencurigai, membenci bahkan saling mencaci satu sama lain. untuk mengatasi semua itu, perlu diadakannya persatuan dengan menerima perbedaan tanpa mencari persamaan.

Islam sebagai agama yang membawa visi dan misi perdamaian sangat menekankan pemeluknya untuk menerapkan toleransi dalam kehidupan. Hanya saja ada batasannya, yaitu boleh diadakannya interaksi asalkan tidak merusak iman dan akidah Islam. Konsep Toleransi pun sangat praktis yakni memerintahkan  manusia untuk berjiwa humanis seperti saling mengenali, saling menghargai, saling tolong menolong, saling memahami, dan saling menghormati agar kehidupan ini berjalan dengan harmonis. Allah pun telah menjelaskannya dalam Q.S Al-Hujurat : 13, yang artinya :
“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”.

             Ayat di atas menerangkan bahwa Allah menciptakan kehidupan ini dengan penuh keberagaman, dan semua itu memiliki kelebihan dan kekurangan agar kita saling menjalin kerukunan bukan menebar kebencian. Allah tidak pernah membeda-bedakan makhluk-Nya. karena yang terbaik menurut-Nya adalah yang paling besar ketakwaan kepada-Nya dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan.

            Sejarah mencatat bahwa eksistensi toleransi ditunjukkan Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari. Beliau sangat berlapang dada dalam menerima  perbedaan yang ada, salah satu penerapannya yaitu pada Piagam Madinah yang isinya menunjukkan keagungan agama Islam yang begitu menjunjung rasa kemanusiaan. Beliau tidak pernah memaksa seluruh penduduk Madinah untuk memeluk, maupun mengikuti ajarannya, beliau begitu menghargai dan menghormati keputusan mereka. Hal itu tercermin pada sebagian masyarakat yang tidak memeluk agama Islam, yakni umat Yahudi dan Nasrani yang saat itu hidup berdampingan dengan umat Islam di Madinah. Bagi Beliau ”Bagimu agamamu bagiku agamaku”. seperti yang tercantum pada Q.S al-Kafirun ayat 6. Perilaku  yang dicontohkan  Rasulullah tersebut seharusnya terus menerus di praktikkan umatnya khususnya dalam hidup berbangsa dan bernegara. 

Indonesia merupakan salah satu  negara  yang mengimplementasikan toleransi. Negaranya yang Multikultural terdiri dari berbagai agama, suku, budaya dan bahasa membuat toleransi begitu eksis di masyarakatnya. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat tentunya melakukan interaksi satu sama lain, hidup berdampingan dan saling membutuhkan, sehingga toleransi perlu diterapkan. Semua itu di implementasikan melalui dasar negaranya yakni “Pancasila” yang pokok isinya hampir sama dengan piagam Madinah dan semboyan negaranya yang berbunyi “Bhinneka Tunggal Ika" yang berarti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.
Demikian, Fakta  Historis menunjukkan bahwa Islam merupakan agama mayoritas yang dianut manusia, dan  mampu membawa kehidupan ini pada perdamaian. Maka dari itu ketika eksistensi toleransi selalu tercipta dan terpelihara, maka kerukunan dan kedamaian pun akan terlihat dengan nyata.

Komentar

  1. Setuju, yang belum hanya menyamakan persepsi saja, sisa nya oke sih ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik kak terima kasih, betul sangat penting juga untuk menyamakan presepsi dalam menjaga toleransi

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer