Jangan Ragu Berbuat Baik

  Untuk berbuat baik, tidak perlu menunggu menjadi orang baik. Justru dengan sering berbuat baik, insyaAllah perlahan-lahan pribadi kita akan bermetamorfosa menjadi baik, asalkan kebaikan yang kita lakukan dengan niat semata- mata karena Allah . Kebaikan adalah bagian dari berbuat Ihsan. Allah mencintai orang-orang Muhsin (berbuat baik).

Seperti yang di paparkan pada petikan ayat al-Qur’an yang artinya :

 "... Dan berbuat baiklah kalian. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik." (Q.S al-Baqarah [2] : 195). 

Berbuat baik dengan satu sama lain merupakan kewajiban kita sebagai muslim, walaupun perbuatan itu hanya sebesar biji zarrah, semua itu akan menuai manfaat dan pahala. Ada yang menganggap bahwa berbuat baik itu hanya dikhususkan bagi orang-orang yang sudah memiliki akhlak mulia, padahal anggapan itu tidak benar adanya. Jangan membuang waktu memperdebatkan apa itu orang baik?, siapa itu orang baik?. Untuk berbuat baik tidak ada stratifikasi atau tingkatan yang membedakannya. Kita sebagai manusia berhak dan dianjurkan untuk berbuat baik, kepada Allah Subhanahu wa Ta'aladiri sendiri, orang lain, alam sekitar, dan makhluk-makhluk lainnya. Kebaikan dapat berupa meringankan kesusahan bahkan hanya sekedar menyapa dengan senyuman. Jika kita belum mampu melakukan kebaikan melalui perbuatan, maka berdoalah untuk kebaikan.

Ketahuilah bahwa Allah tidak menilai kedudukan dan rupa kita, namun Allah menilai hati kita yang tulus untuk berbuat baik dengan ikhlas karena-Nya. Berbuatlah kebaikan tetapi jangan mengharap balasan atas kebaikan yang kita lakukan. Hal-hal baik yang kita lakukan merupakan suatu kebaikan bagi diri kita sendiri. Kita tidak tau kebaikan mana yang dapat menolong kita hari ini, esok, masa depan, dan di kehidupan akhirat yang akan datang. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam surah al-Isra: 7 yang artinya  "Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri, dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri..."

Jadi jangan ragu untuk  berbuat baik sekecil apapun, dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun. Selagi ada ladang kebaikan dihadapan kita, maka bersegeralah memanfaatkannya untuk menabung pahala sebanyak-banyaknya sebagai bekal menghadap Sang Maha Kuasa, yakni Allah Subhanahu wa Ta’ala.

https://www.pexels.com/id-id/



Komentar

  1. setuju banget,kita nggak usah mikr juga apakah orang yang kita tolong akan balik melakukan hal yang sama ke kita, karena balasannya juga bisa datang dari mana aja dan bentuk apa aja.
    Niatnya satu yaitu membantu sesama

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah betul kak, pokoknya tetep berusaha untuk berbuat baik aja. terima kasih sudah berkunjung

      Hapus
  2. Benar, berbuat baik itu gak perlu ragu karena pasti dpt balasannya, meskipun entah balasannya berbentuk apa dan kapan waktunya. Jadi berbuat baik itu hrs benar2 ikhlas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah betul sekali, paling penting juga belajar untuk ikhlas karena Allah. terima kasih pak sudah berkunjung

      Hapus
  3. Saya percaya sih, setiap perbuatan baik yang kita lakukan, bakal kembali kepada kita. Ya mungkin gak akan saat itu juga, tapi disaat yang tepat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer